MENJADI BAGIAN DARI SESUATU


Orang yang hidup dalam kelimpahan ialah terdapat pada suatu tempat yang disebut tempat tinggal-"rasa menjadi bagian dari suatu komunitas".
Komunitas merupakan persekutuan orang-orang yang "hidup dalam kebersamaan" secara timbal balik membagi harta milik mereka yang paling berharga yakni diri mereka sendiri. Mereka tahu dan terbuka satu terhadap yang lain. Hidup mereka untuk satu sama lain. Mereka membagi-bagi dirinya dan hidupnya dala cinta. Orang yang hidup berkelimpahan memiliki rasa "memiliki"-keluarga mereka, tempat ibadah mereka, dan keluarga manusia. Ada orang-orang lain yang dengannya orang hidup secara penuh merasa senang dan kerasan; dan dengan orang-orang inilah mereka mengalami rasa saling memiliki (a sense of mutual belonging) sati sama lain.
Ada suatu tempat dimana ketidakhadiran mereka di rasakan ileh setiap pihak dan kematian ditangisi. Ketika mereka bersama dengan orang-orang lain, orang yang hidup secara penub mendapatkan kepuasan yang sama dalam memberi dan menerima. Sebaliknya sikap mengurungkan diri selalu merugikan dan bersifat merusak. Sikap ini akan membawa kita ke jurang kesepian dan keterasingan, dimana kita hanya bisa binasa. Kita tak pernah lebih rendah daripada individu dan kita tak pernah hanyalah individu. Tak seorang pun berani menyebut dirinya gunung. Burung-burung itu bebas, tetapi kita membutuhkan hati orang lain sebagai tempat tinggal hati kita. Orang yang hidup secara penuh memiliki kedamaian dan kepuasan yang dalam, yang hanya bisa dialami di tempat tinggal semacam ini.

Post a Comment

0 Comments